Senin, 25 September 2017

Aplikasi pengolah 3D

1. AutoCAD

AutoCAD adalah salah satu software desain yang populer di kalangan arsitek atau desainer interior. Software ini bahkan menjadi salah satu software yang wajib dikuasai oleh para insiyur di semua profesi insiyur seperti insinyur arsitektural, insiyur sipil, elektrik, aeronautika, dan lain sebagainya. Kata CAD berasal dari singkatan computer aided design, yang menunjukkan bahwa komputer digunakan sebagai piranti untuk membuat sebuah desain tertentu. Software ini dikembangkan oleh Autodesk, oleh karena itu namanya adalah AutoCAD. AutoCAD, dapat dibilang merupakan perangkat-perangkat menggambar layaknya pena gambar, meja gambar, dan lain sebagainya, yang diwujudkan dalam bentuk digital.
2. ArchiCAD

Sebagaimana namanya, software yang satu ini adalah software CAD yang khusus dibuat untuk membuat gambar atau desain bidang arsitektur. Perintah-perintah yang ada pada software ini meliputi elemen-elemen bangunan seperti kolom, balok, plat, atap dan lain sebagainya. Dengan sistem ini, maka software ini sangat unggul apabila digunakan untuk membuat desain suatu bangunan seperti rumah, kamar, dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa software ini menjadi diunggulkan dalam bidang arsitektur, adalah karena preset yang ada, atau library yang ada sudah dibuat sedemikian mungkin sesuai dengan kebutuhan untuk merancang bangunan. Selain itu, software ini juga mendukung parametric object sehingga memudahkan apabila diperlukan proses pengubahan bagian-bagian desain tertentu karena objek yang lain akan menyesuaikan diri dengan otomatis.
3. 3D Studio Max

Aplikasi yang satu ini banyak gunakan untuk membuat grafik vektor tiga dimensi serta animasi yang juga berasal dari Autodesk. Dulunya sempat dikembangkan oleh 3D Studio for DOS, untuk platform Win32. Sejak diakuisisi oleh Autodeskt, software ini telah mengalai perbaruan rilis sampai versi 9.

 4. Google SketchUp


Software pengolah gambar tiga dimensi ini berasal dari salah satu perusahaan tersukses di dunia, yaitu Google. Google SketchUp adalah software pengolah tiga dimensi yang dapat membuat gambar tiga dimensi dengan cepat dan praktis serta tidak membutuhkan sumber daya yang berat untuk dijalankan. Software ini relatif mudah untuk dipelajari oleh orang yang awam sekalipun. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan SketchUp, dimulai dari membuat desain rumah, membuat desain bangunan bahkan sampai pada tata kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar